Jumat, 18 Mei 2012

Pembayaran Kompensasi Batavia Juga Telat

Hari Senin tanggal 19 Maret 2012 saya berencana pergi ke Batam menggunakan jasa pesawat terbang Batavia Air dengan schedule pemberangkatan jam 11.40. Kira-kira jam 7 pagi ketika saya masih perjalanan dari Cilegon Menuju Bandara Soekarno-Hatta dan hp saya bordering, ternyata dari team Batavia Air yang menyampaikan bahwa untuk penerbangan di jadwal saya di cancel. Pihak Batavia memberikan 2 opsi :

1.       Pengembalian uang  sesuai harga tiket, sudah tidak masuk akal mau membatalkan keberangkatan karena posisi saya sendiri sudah menuju bandara. Beli tiket sekarang untuk keberangkatan sekarang juga sangat lngka, walaupun ada harganya sudah selangit.

2.       Opsi kedua saya ikut penerbangan selanjutnya jam 16:40, berhubung saya sudah menuju bandara akhirnya saya putuskan mengikuti schedule berikutnya walaupun menunggu 5 jam lagi. Apakah ada kompensasi dari Batavia? Tidak ada sama sekali.

Jam 15:45 saya check in, dan tertulis di display bahwa penerbangan Batavia air rute Soetta-Batam dengan no flight 6Y6-577CGK statusnya delay. Hadeehh.. harus menunggu lagi nih.. Jam menunjukkan 16:40 para penumpang yang mungkin sekitar 150 orang menanyakan ke petugas informasi bahwa kenapa delay dan berangkat jam berapa? Petugas menjawab pesawatnya belum tiba. Ok ditunggu lagi hingga jam 18.00 tapi masih belum juga ada tanda-tanda keberangkatan. Penumpang pun bertanya lagi, akan berangkat jam berapa? Petugas infokan posisi pesawat lagi dibersihkan, tidak lama lagi berangkat, penumpang pun nunggu lagi.

Jam 19:00 masih belum juga ada info keberangkatan dan setelah ditanyakan ternyata petugasnya plin-plan, yang tadi dikatakan pesawat sedang dibersihkan ternyata belum juga siap, mustahil membersihkan pesawat sampai lebih dari 1 jam. Inilah pemicu amarahnya penumpang sehingga ada penumpang yang meminta petugas informasi untuk membuat surat pernyataan bahwa pesawat akan diberangkatkan pada jam yang dispakati.

Hingga jam 20:00 pesawat masih belum juga ada tanda-tanda keberangkatan yang mana emosional massa sudah mulai memuncak, maklum sudah seharian dibandara ditambah lagi informasi yang plin-plan dari petugas. Akhirnya sekitar jam 21 pesawat  berangkat juga yang mana Batavia harus membayar kompensasi keterlambatan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 77/2011 yang diperbaharui dengan Permenhub Nomor 92/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut yang memberi kompensasi.

Sekitar jam 22:40 tiba di Bandara Hang Nadim Batam dan seluruh penumpang dibagikan voucher senilai 300 ribu yang bisa diurus di kantor perwakilan Batavia Air Batam atau daerah lain. Keesokan harinya tanggal 20 Maret 2012 saya menyambangi kantor perwakilan Batavia di Penuin Batam, sesampai disana diminta beberapa persyaratan pencairan. Setelah selesai semua dan dikasih tanda bukti saya bertanya dengan petugasnya, Mba ini proses pencairannya berapa lama? Selama 22 hari kerja sudah cair. Ok saya pulang meninggalkan counter tsb.

Setelah sebulan lebih saya mencoba buka rekening dan melihat historical transaksi lagi dan tenyata belum ada pembayaran. Kemudian tanggal 11 Mei saya lihat kembali belum juga ada transaksinya sehingga saya putuskan untuk menyambangi counter Batavia Air. Sesampainya disana di terima karyawan dan saya menanyakan kenapa koq belum juga cair? Katanya karena banyak yang musti dibayar dari seluruh Indonesia. Loh kan yang membuat peraturan bahwa proses pencairan  selama 22 hari kerja Batavia sendiri, ga logis jika belum dibayar lantaran banyak yang musti di bayar. Bukankah Batavia Air adalah salah satu masakapai besar tapi kenapa koq sering delay??? Penumpang pun tidak ada yang mau delay sampai sekian lama walaupun dapat kompensasi.

Kalau bicara nominal uangnya itu tidak seberapa yang lebih penting disini adalah komitmen dari Batavia dengan customer yang semustinya dikedepankan. Bukan suatu kebanggaan jika pada akhirnya para penumpang memberikan image bahwa Batavia pesawat yang spesialis delay..  Karena pengalaman saya sering kali di delay dan yang teranyar adalah sampai 4 jam ini, sudah delay pesawat ditambah keterlambatan pembayaran pula sampai begitu laamaa.

Demikian informasinya semoga menjadi masukan bagi management Batavia Air.

Batam Center, Batam, Kepulauan Riau

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar