Senin, 26 Desember 2011

Inspirasi

Satu kata yang memiliki nilai intelektual sangat tinggi. Seorang penulis, pengarang novel, pelukis atau musisi sangat membutuhkan inspirasi untuk melahirkan sebuah karya. Karya yang besar pasti memiliki  cerita pada penciptanya. Begitu juga ilmuwan dalam melahirkan karya besar pasti berasal dari sebuah inspirasi.
Inspirasi datang kapan saja dan dimana saja. Kedatangannya biasanya muncul secara  natural apakah karena melihat event, lingkungan atau memang lagi berfikir untuk mencari sebuah solusi dari permasalahan yang ada. Ada juga munculnya inspirasi berasal dari kolaborasi antara suatu masalah dan melihat kejadian di lingkungan, sehingga seperti mendapat petunjuk jalan untuk menyelesaikan masalah yang ada.
Semua orang punya inspirasi apakah untuk mencipatakan sesuatu, mengatasi masalah ataupun berupa karya seni. Hanya untuk melahirkan sebuah karya tidak hanya berhenti di inspirasi melainkan butuh tindak lanjut, proses hingga apa yang jadi inspirasi tersebut akan lahir menjadi sebuah karya. Contohnya : tidak usah jauh-jauh, untuk melahirkan sebuah berita kejadian yang kita lihat kita musti menuliskannya dalam suatu kalimat atau menyusun gambar-gambarnya dengan tujuan agar setiap orang yang melihatnya memahami isi pesan yang akan kita sampaikan.
Kendala adalah masalah terbesar dari sebagian besar orang, dimana dalam proses meng-ekplorasinya butuh konsentrasi, waktu dan bahkan pengorbanan materi. Butuh komitmen dan kesungguhan untuk melahirkannya menjadi sebuah karya. Jadi teringat dengan sebuah ‘slogan’ pada perusahaan elektronik asing tempat saya bekerja dulu yang kalau dipikir memang ada benarnya.Apa slogannya?? ‘Bekerja sampai jadi, berjuang sampai akhir’. 
Artinya ketika perusahaan memiliki sebuah inspirasi untuk membuat sebuah produk, langkah pertama adalah membentuk tim untuk merancang model, fungsi dan aspek bisnis apakah menguntungkan atau tidak, dibutuhkan waktu yang lama bagi sebuah tim untuk menganalisisnya dan merancangnya. Jika hasil akhir dari tugas tim tersebut memberikan hasil positif bagi perusahaan, proses selanjutnya melahirkannya menjadi produk jadi melalui proses pabrikasi.
 Yang perlu kita ambil hikmah dari penulisan artikel ini adalah jika kita terinspirasi dengan suatu hal dan berencana untuk melahirkannya menjadi sebuah yang nyata, ya harus di buat sampai jadi. Tidak boleh berhenti di tengah walaupun banyak tantangan dalam proses melahirkannya.
Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar