Kamis, 29 Desember 2011

Pendidikan Spiritual

Yang dimaksud pendidikan spiritual disini adalah pendidikan untuk medekatkan diri kepada sang khalik. Sebagai makhluk kita musti sadar dengan sepenuhnya agar :
1.       Mensykuri nikmat yang telah diberikan, apakah kesehatan, rezeki ataupun kebahagiaan secara bathin. Yang paling dihindari adalah keserakahan, banyak yang tidak sadar ketika memiliki jabatan atau rezeki lebih mulai muncul sikap angkuh atau menepuk dada sebagai pertanda kepada orang sekitar bahwa dirinya lah yang paling hebat. Pemimpin dengan ‘style’ otoriter juga termasuk disini.
2.       Menjalankan kewajiban, sebagai seorang muslim menjalankan segala perintahnya dan mejauhi segala larangannya. Perintah itu mencakup hal yang sangat luas sekali seperti sholat, puasa, zakat naik haji jika mampu, Begitu juga larangannya  yang banyak sekali seperti makan-makanan yang tidak halal, berzinah dll
3.       Merasakan penderitaan orang-orang yang kurang beruntung, artinya perlu berbagi rezeki kepada saudara-saudara yang lebih membutuhkan, nominalnya tidak perlu banyak yang penting ada kepedulian antar sesama.
4.       Berdo’a kepada sang khalik tentang segala hal apa yang kita inginkan, dengan berdoa terjalin komunikasi vertikal antara makhluk dan penciptanya.
Ketika beberapa hal di atas bisa kita jalankan, ketenangan itu akan datang dengan sendirinya. Tidak ada rasa bersalah ataupun penyesalan dari setiap tindak-tanduk kita selama ini.
Sekian…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar